Senin, 19 Juni 2017

Penilaian Kinerja Struktur Analisis Linear (Tier 2 FEMA 310)



 Setelah struktur dimodelkan di Etabs lalu di input beban dan dirunning, maka akan terlihat yang salah satu hasilnya ialah warna pada komponen struktural (balok dan kolom). Warna tersebut menunjukkan rasio kekuatan (DCR). DCR dalam bahasa inggris Demand Capacity Ratio yaitu rasio demand (kebutuhan atau beban) terhadap Kapasitas (kekuatan gedung). Perencanaan struktur mengharuskan kapasitas harus lebih besar dari beban rencana, sehingga sebaiknya digunakan kolom dan balok yang berwarna selain ungu dan merah. Penjelasan dari warna yang muncul di kolom dan balok dapat dilihat di Tabel berikut.
Jika evaluasi tahap dua (tier 2) FEMA 310 secara umum menunjukkan bahwa elemen kolom dan balok berwarna selain warna merah berarti struktur pada kondisi yang aman. Balok yang yang berwarna merah menunjukkan bahwa balok tersebut mengalami kelebihan beban (overstrength), begitu pula untuk elemen kolom.

Tabel Penilaian tingkat keamanan struktur dari hasil ETABS
No
Warna
Rasio Kekuatan (DCR)
Tingkat Keamanan
1
Biru muda
0,00  s/d  0,50
Sangat aman
2
Hijau
0,50  s/d  0,70
Aman
3
Kuning
0,70  s/d  0,90
Aman
4
Ungu
0,90  s/d  0,95
Cukup aman
5
Merah
≥ 0,95
Kritis s/d melebihi kapasitas(overstrength)
                   (Sumber : Andrianto, 2006)

            Jadi, di dalam perencanaan struktur gedung, sebaiknya diharapkan output model berwarna selain merah, hijau atau biru muda lebih diharapkan. Di dalam perencanaan, jika kolom dan balok berwarna merah, maka lakukan remodel pada dimensi balok kolom dan juga dimensi tulangan jika dibutuhkan,  untuk meningkatkan kapasitas balok dan kolom dalam memikul beban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar